Selasa, 07 April 2015

Tips Tarikan Skutik Makin Gurih Tanpa Bore-up dan Tanpa Turun Mesin

tarikan mesin skutik Gurih tanpa turun mesin atau bore-up? Gampang! Salah satunya bisa siasati dari sistem transmisi di blok CVT seperti roller dan kampas ganda. Namun, sebenarnya ada satu bagian lagi yang bisa bikin tarikan jadi tambah ngacir, yakni per CVT. 

per CVT ini juga berguna membantu mekanisme pada CVT itu sendiri. Tepatnya memberi dorongan puli primer pada saat terjadi gaya sentrifugal. Nah dengan begitu, gerak puli jadi lebih cepat dan responsif.
Memang banyak pilihan per, dari yang ukuran 1.000 – 2.000 rpm. Masing-masing beda racikan. Maksudnya, ukuran diameter dan kekerasan per memiliki ukuran yang berbeda sesuai kebutuhan spesifikasi mesin.

Buat mesin yang masih dalam kondisi standar, mengganti per CVT racing dianjurkan memakai ukuran 1.000 atau 1.500 rpm saja. Kalau lebih, malah bisa bikin tarikan jadi berat dan ngempos.

 
Di pasaran ada merek KTC, CLD dan banyak lagi! Selain itu, harganyapun bervariatif. Ada yang buatan lokal dan impor dari Thailand. “Harga berkisar dari 75-100 ribuan. Semua tergantung dari kekenyalan atau diameter kawat yang dipakai,” ujar Komeng mekanik sekaligus empunya bengkel Clinic Motor di daerah Jl. Squadron No.14, Kp. Makasar, Jaktim.

Umumnya bahan dasar part ini dari medium carbon steel yang diproses menggunakan metode hot wire. Nah biar lebih detail, simak kehebatan masing-masing merek berikut! 

Kitaco

CLD
1. Kitaco
Menyediakan dari ukuran 1.000-2.000 rpm. Soal harga, produk yang tersedia buat skutik jebolan Honda, Suzuki dan Yamaha ini dibanderol Rp 75 ribuan. Tapi perlu diingat! Punya Suzuki dan Honda lebih panjang dibanding punya Yamaha. Jadi jangan sampai salah beli ya!
 
2. CLD
Punya tiga warna dan ukuran. Dari merah, putih dan kuning. Warna merah dengan spek 2.000 rpm, sangat berguna buat motor yang sudah dibore-up. Untuk yang berwarna kuning, memilikki spek 1.500 rpm dan putih 1.000 rpm. Semua itu dihargai Rp 55 ribu saja.

 CLD
 








 


3. Kawahara
Product yang diklaim buatan Thailand ini berbanderol Rp 75 ribuan. Masalah ukuran, gak jauh beda dengan kompetitornya yang memiliki beberapa tingkat ukuran.


4. RRGS
Harga murah, tapi bukan berarti murahan lo! Harganya hanya Rp 50 ribu. Masalah kualitas, gak kalah bersaing dengan label-label papan atas yang kerap dipakai buat ajang dragbike dan road race skutik.


5. TDR
Part buatan Thailand ini punya beragam ukuran tingkat kekerasan. Warna kuning berukuran 1.500 rpm, merah 2.000 rpm dan hitam ukuran 1.000 rpm. Walau beda ukuran, semuanya dipatok harga yang sama yakni Rp 50 ribu. Minat? Nah sayangnya, untuk saat ini pihak TDR hanya menyediakan per CVT buat skutik Yamaha yakni Mio Sporty dan Mio Soul.

Tidak ada komentar: